Tentang Kepemimpinan

Seorang Leader yang buruk tidak akan pernah membiarkan  team nya terpuruk membusuk. Tapi seorang manager bisa. Hal ini tentu tidak bisa dimengerti bagi kamu yang berpikiran mekanistik.

Ini ada perbedaan antara menjadi Manager dan Pemimpin. Pemimpin pasti memanage sesuatu. Seorang Manager pasti memimpin sesuatu. Terlihat tidak ada perbedaan nya pada titik ini. Tapi mari kita telisik lebih lanjut.

Baik kita ambil contoh bagaimana Leader dan Manager memandang anak buahnya yang bermasalah. Seorang leader dengan gaya sendirinya pasti akan bersentuhan langsung dengan team tersebut, entah itu dengan cara dipanggil dengan formal, ngobrol tidak formal, tapi poin seorang leader adalah team itu sebagai manusia, apa yang bisa dikerjakan dia sebagai leader dalam mengatasi problem team nya. Apa dia sedang dalam masalah? Keluarganya atau yang lain lainnya.

Sedang manager tidak. Manager akan mengevaluasi kenapa team tidak bekerja dengan baik. Seorang manager tidak akan berfokus pada team sebagai manusia, tapi sebagai salah satu komponen dalam sebuah sistem yang besar. Maka fokus utamanya, bagaimana team yang bermasalah itu kembali seperti sedia kala. Kalau tidak bisa berubah, ya ganti. Persoalan beres bagi manager. Tapi bagi leader tidak. Kesalahan team/bawahan adalah kesalahan leader juga. Dalam hal ini, manager bisa menjadi sangat egois, selfish, sedang leader tidak. Leader bahkan bisa berkorban untuk team nya, manager juga bisa melakukan itu, asal jelas apa keuntungan nya bagi dia. Apa pengorbanan nya bisa menaikkan profitabilitas? Kalau bisa ia akan kerjakan, kalau tidak, seorang manager akan mengkalkulasi.

0 komentar:

Posting Komentar